Beranda | Artikel
Minuman Menjijikkan Pecandu Miras di Neraka Syaikh Abdurrazzaq al-Badr #NasehatUlama
Senin, 27 Februari 2023

Kemudian beliau juga menyebutkan hadis yang ketiga
yang berkenaan dengan miras dan hukuman yang ditimbulkannya,
bahwa Nabi Ṣallallāhu ʿAlaihi wa Sallam bersabda,

“Barang siapa yang mati dalam keadaan kecanduan miras, …”
“Barang siapa yang mati dalam keadaan kecanduan miras, …”

Ini juga masalah lain darinya,
masalah lain akibat miras,
bahwa orang yang sudah mencicipinya
dan menenggaknya sekali atau dua kali,

itu akan membuatnya ingin lagi dan lagi sampai
pada titik yang diistilahkan dengan kecanduan.

Kecanduan adalah penyakit yang sangat mengerikan
dan bahaya yang besar bagi seorang hamba.

“Barang siapa yang mati dalam keadaan kecanduan miras,
niscaya Allah akan Memberinya minum dari sungai Ghūṯah.”
Ditanyakan, “Apakah sungai Ghūṯah itu?”

Beliau bersabda, “Sungai yang mengalir dari kemaluan para pelacur
yang bau kemaluan mereka sudah cukup menyakiti penduduk neraka.” (HR. Ibnu Hibban)

Jika bau kemaluan mereka saja sudah menyakiti penduduk neraka,
lalu bagaimana dengan orang yang meminumnya?

Cairan yang keluar ini,
yang mengalir dengan bau busuk, tengik, dan menjijikan ini, diminum!
“… niscaya Allah akan Memberinya minum dari sungai Ghūṯah.”

Sungai Ghūṯah ini mengalir dari kemaluan para pelacur.
Mengalir dari kemaluan para pelacur!

Orang berakal ketika merenungkan hal seperti ini
akan mendapati peredam yang kuat dan pendorong yang besar baginya
untuk menjauhi penyakit ini.

Dengan membaca tiga hadis ini,
—dan ada banyak hadis-hadis serupa dalam sunah—
apakah pantas orang yang berakal dan yang peduli terhadap dirinya

untuk mengabaikan hadis-hadis ini dan meneruskan menenggak miras
seraya berkata, “Aku husnuzan saja, Allah tidak akan mengazabku”!?

Inilah maksud Ibnul Qayyim ketika membawakan hadis-hadis ini.
Jika pemahaman yang disangka sebagian orang ini diterapkan,
niscaya akan menggugurkan semua hadis-hadis ancaman,
sehingga tidak ada artinya lagi.

Tidak akan ada lagi artinya dan hilang pengaruhnya.
Hadis-hadis ini adalah penghalang kemaksiatan,
berupa hukuman-hukuman yang disiapkan oleh Allah Subẖānahu wa Taʿālā.

Perhatikan kalimat yang tersebut dalam hadis ini,
beliau bersabda, “… melainkan wajib bagi Allah untuk Memberinya minum …”

Ancaman ini memberi pengaruh kuat bagi orang yang berakal
dan tidak samar lagi menjadi penghalang dan peredam maksiat.
Demikian.

====

ثُمَّ ذَكَرَ هَذَا الْحَدِيثَ الثَّالِثَ أَيْضًا

فِيمَا يَتَعَلَّقُ بِالْخَمْرِ وَالْعُقُوبَاتِ الَّتِي عَلَيْهَا

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

مَنْ مَاتَ مُدْمِنًا لِلْخَمْرِ

مَنْ مَاتَ مُدْمِنًا لِلْخَمْرِ

هُنَا أَيْضًا مُشْكِلَةٌ فِيهِ

مُشْكِلَةٌ فِي الْخَمْرِ

أَنَّ مَنْ دَخَلَ فِيهَا

مَنْ دَخَلَ فِيهَا شَرِبَهُ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ

يَسْتَدْرِجُهُ هَذَا الْأَمْرُ إِلَى أَنْ يَدْخُلَ

فِيمَا يُسَمَّى الْإِدْمَانَ

وَالْإِدْمَانُ أَيْضًا آفَةٌ خَطِيرَةٌ جِدًّا

وَمَضَرَّةٌ جَسِيْمَةٌ عَلَى الْعَبْدِ

فَمَنْ مَاتَ مُدْمِنًا لِلْخَمْرِ

سَقَاهُ اللهُ مِنْ نَهْرِ الْغُوطَةِ

قِيلَ وَمَا نَهْرُ الْغُوطَةِ؟

قَالَ: نَهْرٌ يَجْرِي مِنْ فُرُوجِ الْمُومِسَاتِ

يُؤْذِي أَهْلَ النَّارِ رِيحُ فُرُوجِهِنَّ – رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ

إِذَا كَانَ يُؤْذِي أَهْلَ النَّارِ رِيحُ فُرُوجِهِنَّ

فَكَيْفَ بِمَنْ يَشْرَبُ؟

هَذَا السَّائِلُ الَّذِي يَخْرُجُ

السَّائِلُ النَّتِنُ الْخَبِيثُ المُؤْذِي يَشْرَبُهُ

سَقَاهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ نَهْرِ الْغُوطَةِ

نَهْرُ الْغُوطَةِ هَذَا الَّذِي يَخْرُجُ مِنْ فُرُوجِ الْمُومِسَاتِ

مِنْ فُرُوجِ الْمُومِسَاتِ

وَالْعَاقِلُ عِنْدَمَا يَتَأَمَّلُ فِي مِثْلِ هَذَا

يَجِدُ فِيهِ رَادِعًا عَظِيمًا وَمُوْقِظًا كَبِيرًا لِلْمَرْءِ

أَنْ يَتَجَنَّبَ هَذِهِ الْآفَةَ

فَمَعَ قِرَاءَةِ هَذِهِ الْأَحَادِيثِ الثَّلَاثَةِ

وَلَهَا نَظَائِرُ فِي السُّنَّةِ كَثِيرَةٌ

أَيَلِيقُ بِعَاقِلٍ نَاصِحٍ لِنَفْسِهِ

أَنْ يُهْمِلَ هَذِهِ الْأَحَادِيثَ وَيَسْتَمِرَّ فِي شُرْبِ الْخَمْرِ

وَيَقُولُ: أَنَا أُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللهِ أَلَّا يُعَذِّبَنِي؟

هَذَا مَقْصُودُ ابْنِ الْقَيِّمِ بِإِيرَادِهِ مِثْلَ هَذِهِ الْأَحَادِيثِ

وَلَوْ أُعْمِلَ هَذَا الْفَهْمُ الَّذِي يَفْهَمُهُ بَعْضُ النَّاسِ

لَعُطِّلَ جَمِيعُ أَحَادِيثِ الْوَعِيدِ

وَلَمْ يُصْبِحْ لَهَا مَعْنًى

لَمْ يُصْبِحْ لَهَا أَيُّ مَعْنًى وَلَمْ يُصْبِحْ لَهَا أَيُّ أَثَرٍ

فَهَذِهِ الْأَحَادِيثُ هَذِهِ زَاجِرَةٌ

وَهِيَ عُقُوبَاتٌ أَعَدَّهَا اللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى

انْظُرْ يَعْنِي الْجُمْلَةَ الَّتِي وَرَدَتْ فِي هَذَا الْحَدِيثِ

قَالَ: إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَى اللهِ أَنْ يُسْقِيَهُ

هَذَا الْوَعِيدُ يَأْخُذُ بِقُلُوبِ الْعُقَلَاءِ مَأْخَذًا قَوِيًّا

وَفِيهِ مِنَ الزَّجْرِ وَالرَّدْعِ مَا لَا يَخْفَى

نَعَمْ


Artikel asli: https://nasehat.net/minuman-menjijikkan-pecandu-miras-di-neraka-syaikh-abdurrazzaq-al-badr-nasehatulama/